|

Facebook Ubah Pengaturan Privasi


Facebook mengumumkan perubahan besar terkait dengan pengaturan atas privasi penggunanya. Diantara perubahan itu adalah dalam setiap pesan yang dikirimkan pengguna akan diberi menu siapa yang dapat membacanya.

Perubahan terbaru ini terjadi setelah berbagai upaya dilakukan Facebook dalam membagi informasi pribadi penggunanya. Jejaring sosial ini dikritik karena tampaknya mengaburkan kontrol atas privacy penggunanya dalam menu yang tidak jelas.

Pembaruan status pengguna juga akan diatur dalam menu unik tentang siapa yang dapat membacanya. Para pengguna yang diberi "tag" atau tanda dalam sebuah pesan baik berupa foto atau video harus menyetujuinya atau menghapus identitasnya sebelum muncul dalam profil Facebooknya.

Dengan pengaturan ini diharapkan dapat menghilangkan masalah pemberian "tag" yang sering digunakan pengguna nakal yang menambah nama-nama orang dalam gambar yang tidak menyenangkan.


Pilihan privasi

Perubahan lainnya dalam Facebook adalah kontrol searah dimana setiap artikel di dinding penggunanya memiliki pilihan privasi sendiri seperti publik, sahabat atau khusus.

Kemudian profile pengguna juga dapat diatur sedemikian rupa sehingga orang lain dapat membacanya sesuai dengan keinginan pengguna.

Wakil presiden Facebook Chris Cox mengatakan adanya perubahan dalam pengaturan privacy ini tidak berarti sistem lama membingungkan.

"Sasarannya adalah membuat pengaturan itu lebih mudah dan cepat sesuai dengan profilenya," katanya kepada BBC.

Cox membantah bahwa perbaikan dalam pengaturan privasi ini karena Facebook sedang menyiapkan diri untuk memperluas aksesnya ke anak-anak di bawah usia 13 tahun seperti diucapkan pendirinya Mark Zuckerberg.

Pemilik akun Facebook masih dapat mempertahankan pengaturan privasi yang sekarang digunakan. Pengaturan privasi baru ini akan mulai berlaku sejak hari Kamis 25 Agustus 2011.




Artikel Menarik Lainnya:


Posted by Unknown on 20.26. Filed under . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response