|

Jualan Nasi Liwet Beromzet Rp 20 Juta Per Hari


Andris Wijaya sukses menciptakan liwet instan di Kabupaten Garut. Produk liwet '1001' itu berhasil kembali mengharumkan nama Kabupaten Garut yang sempat terpuruk. Dua tahun silam, pernikahan siri sang Bupati Aceng HM Fikri, membuat nama Garut tercoreng.

Lantas, seperti apa sebetulnya kesuksesan Andris? Cukup fenomenal. Dalam sehari, omzet penjualan liwet instan mencapai Rp 20 juta.

"Omzet penjualan nasi liwet instan 1001 sekarang mencapai Rp20 juta per harinya," kata Andris yang menjabat pemimpin perusahaan Beras Liwet "1001" kepada wartawan.

Pabrik pengolahan beras liwet itu ada di Jalan Kamojang, Kampung Banjarsari, Desa/Kecamatan Samarang, Kabupaten Garut. Saat ini, dia mengaku siap merencakan peningkatan penjualan dengan menambah produksi setiap harinya.

Produksi beras liwet siap saji itu sendiri, kata Andris, mencapai 2.000 dus. Masing-masing terbagi untuk kemasan berat 250 gram dan berat 500 gram setiap hari.

"Tentu kita akan terus berupaya meningkatkan penjualan, dan berencana membuat rasa baru," kata pemuda lulusan pendidikan Diploma Program Studi Teknik Energi Politeknik Bandung tahun 2001.

Selain wilayah Garut, pemasaran beras liwet tersebar beberapa daerah kota besar seperti Bandung, Jakarta, Yogya, dan Semarang. Nasi liwet instan dari beras jenis Sarinah itu, kata Andris, penjualannya bahkan hingga ke luar negeri seperti Singapura, Dubai dan Arab.

Namun penjualan ke luar negeri itu, kata dia, belum secara resmi, melainkan hanya dilakukan berdasarkan tingkat pemesanan melalui warga Indonesia yang tinggal di negara itu.

"Penjualannya sudah ke luar negeri tapi belum secara resmi, baru melalui pramugari yang pergi ke Dubai dan Arab, karena di sana banyak warga Indonesia," katanya.

Keseriusan Andris memasarkan produknya hingga ke luar negeri memang sejalan dengan target kunjungan wisatawan di Kabupaten Garut. Tahun lalu, Kabupaten Garut menargetkan 2,2 juta jumlah wisatawan. Dengan melebarkan sayap produknya ke luar negeri, ada harapan Garut bakal jadi destinasi wisata unggulan.

( Sumber : ayogitabisa.com )




Artikel Menarik Lainnya:


Posted by Unknown on 11.15. Filed under , , , . You can follow any responses to this entry through the RSS 2.0. Feel free to leave a response